Pages

5 Keuntungan Jogging

Lari atau jogging merupakan olahraga favorit para remaja. Tapi tenyata olahraga ini bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Ini adalah beberapa alasan seseorang perlu jogging.

Beberapa penelitian modern telah mengategorikan jogging sebagai olahraga yang cocok dilakukan oleh semua kalangan. tidak perlu peralatan dan persyaratan khusus untuk melakukannya.
Nah, ada lima alasan yang membuat seseorang perlu berolahraga lari.

  1. Murah meriah
    Olahraga berlari tidak membuat seseorang harus bergabung menjadi anggota pusat kebugaran tertentu atau membeli peralatan olahraga yang mahal. Peralatan yang dibutuhkan cukup sepatu yang baik, kaus kaki, celana pendek dan kaos. Selain itu, tempatnya bisa dimana saja, seperti di taman, halaman rumah atau lingkungan sekitar rumah.

  2. Baik untuk kesehatan
    Jogging juga bisa membantu menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis, khusunya bagi kaum perempuan. Selain itu berlari juga termasuk latihan aerobik yang dapat memperbaiki sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah serta menjaga arteri tetap bersih dari plak-plak.
  3. Kardio efisien
    Olahraga lari atau jogging termasuk cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membakar lemak di dalam tubuh dalam waktu singkat. Jika seseorang berlari dengan kecepatan enam mil per jam selama satu jam, maka dia sudah membakar sekitar 700 kalori.
  4. Hilangkan stres
    Setelah berlari stabil selama 20 menit, maka tekanan hidup atau stres sehari-hari akan berkurang. Hal ini karena berlari juga melepaskan endorphin, yaitu zat kimia alami yang diproduksi oleh tubuh untuk meringankan rasa sakit dan meningkatkan suasana hati (mood).
  5. Memperpanjang usia
    Berdasarkan hasil studi yang dilaporkan dalam British Medical Journal, orang yang jogging secara teratur punya kesempatan lebih besar untuk hidup lebih lama. Kondisi ini karena organ di dalam tubuhnya terutama jantung dan paru-paru bekerja lebih baik. Sehingga aliran darah ke organ yang lainnya menjadi lebih lancar.
Gampang kan untuk mendapatkan tubuh yang sehat? tidak selalu diperlukan biaya yang mahal atau alat olahraga yang mewah. Karena dengan melakukan jogging secara teratur seseorang bisa mendapatkan tubuh sehat dan manfaat kesehatan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar