Pages

Metode yang Sering digunakan dalam Hacking

Hacking adalah perbuatan yang mengubah suatu software atau hardware komputer sehingga berjalan tanpa sekehendak yang mempunyai atau membuat software atau hardware komputer tersebut. Hacking dilakukan dengan memanfaatkan celah yang ada pada suatu software, hardware komputer, website atau sistem lainnya sehingga memudahkan orang yang tidak berkepentingan bisa masuk atau mengakses dan mengubah sesuatu di dalam sistem tersebut.

Orang yang melakukan perbuatan hacking adalah hacker. Hacker ialah seseorang yang mengerti betul tentang pemrograman dan mengetahui semua kerja dari suatu sistem. Tugas asli hacker adalah menguji suatu sistem untuk mencari
dan menemukan celah keamanan, kegagalan sistem, dan kelemahan lain yang bisa merusak sistem, dan berusaha untuk memperbaikinya. Hacker profesional biasanya di bayar mahal untuk mengerjakan semua tugasnya.

 Namun, ada orang yang menyalah gunakan predikat ini, namanya cracker. Pada dasarnya sama dengan hacker. Tapi bedanya mereka bukan tenaga ahli profesional. Cracker memanfaatkan keahlian yang mereka miliki untuk merusak suatu sistem dengan maksud untuk merugikan/mengganggu orang lain.
Cracker biasanya melakukan hacking untuk tindakan kriminal, misal membajak suatu software, mencuri username dan password, melakukan penipuan, dan sebagainya. 

Disini saya(author) ingin menjelaskan beberapa metode yang sering digunakan hacker maupun cracker untuk masuk ke dalam sistem.

1. Metode Phising
Metode ini sudah pernah saya singgung di posting lama. Phising adalah salah satu cara yang populer digunakan untuk mencuri data pribadi seseorang di internet. Metode ini digunakan untuk menipu korban untuk mendapatkan username dan password.
Cara metode ini ialah dengan cara mengirim email palsu kepada korban, dan ketika si korban klik link yang ada pada pada email tersebut dia akan membuka alamat website tertentu dimana si korban diminta untuk memasukkan password. Website ynag dibuat oleh pelaku tampilannya sama persis dengan website yang sebenarnya, sehingga si korban tidak akan curiga dan gampang terjebak.
2. Metode SQL Injection
Definisi SQL Injection adalah suatu tindakan memasukkan data yang membuat back-end database MyQSL untuk memproses perintah yang tidak diinginkan oleh programmer suatu website. SQL Injection bisa dilakukan untuk mengubah data, mencuri data, maupun menghancurkan data pada database MySQL.
3. Metode Keyloggers
Keylogger adalah program atau software yang mencatat apa saja yang diketik oleh seseorang pada keyboard sebuah komputer. Keylogger sangat populer karena cukup mudah dilakukan, sang hacker hanya perlu menginstal software keylogger pada komputer yang digunakan oleh banyak orang, contohnya di warnet. Program ini berjalan dibalik layar, sehingga korban tidak menyadari bahwa semua yang diketiknya pada keyboard dicatat.
4. Metode Trojan / BackDoor
Trojan adalah program atau script yang disusupkan pada software lain, yang nantinya bisa digunakan oleh hacker sebagai celah untuk mengakses sistem. Cara kerja trojan adalah dengan disembunyikan dalam software biasa, korban yang menginstal software itu tidak akan sadar, karena tidak ada perbedaan antara software yang disusupi ataupun yang tidak. Ketika komputer terkoneksi ke internet, trojan aktif dan mengirimkan data penting kepada pelaku, atau membukakan celah pada si hacker untuk mengakses komputer korban.
5. Metode Denial of Service
Serangan DoS atau Denial of Service attacks adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam suatu jaringan atau internet. Caranya adalah dengan menghabiskan resource yang dimiliki oleh komputer atau server sampai komputer tersebut tidak mampu beroperasi sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.
Metode DoS dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membanjiri lalu lintas jaringan data yang banyak jumlah dan volumenya sehingga menghabiskan atau memenuhi kapasitas traffic yang ada, request flooding yang banyak akan membuat server tidak mampu memrosesnya dan akhirnya down, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat dan Ayo!Jangan Mudah Menyerah!

0 komentar:

Posting Komentar