Pages

Mencegah "Phising"

Metode Phising sekarang banyak dibicarakan di masyarakat. Namun apakah anda tau apa yang dimaksud Phising?

Metode Phising adalah salah satu cara mencuri password yang banyak digunakan dan mudah dilakukan, yaitu dengan membuat fake login. Biasanya sang hacker mengirimkan email ke korban, didalam email terdapat link yang apabila di klik akan membuka alamat web tertentu, dan tanpa sadar si korban yang mengira website itu asli akan melakukan login. sesudah masuk ke account-nya, username dan password si
korban akan dicatat oleh suatu script dan kemudian dengan mudah dicuri oleh si pelaku.

Salah satu layanan yang sering
menjadi target Phising adalah Facebook, karena membuat halaman palsu Facebook itu cukup mudah dan cepat.

Namun anda bisa mencegah cara pelaku melakukan metode ini. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya :
1. Jangan percayapada email dari mana saja, termasuk dari layanan besar seperti Facebook, Google, Yahoo!, Paypal dan layanan lainnya, teliti terlebih dahulu link-link yang ada pada email, apakah benar menuju ke website asli atau ke alamat lain.
2. Setiap melakukan login pastikan anda mengetahui betul website dimana anda berada saat itu, periksa URL dan segalanya seteliti mungkin.
3.  Layanan besar seperti Facebook, Google, dan Paypal tidak pernah meminta anda untuk memberikan username dan password.
4. Email dari layanan besar seperti Facebook, Google dan Paypal tidak pernah menyertakan attachment berupa software ataupun yang lainnya.
5. Jangan pernah klik link pada email anda, selama anda tidak meyakini kebenarannya, klik link pada email adalah salah satu kesalahan terbesar korban phising dan dari link ini sebagian besar dari mereka terjebak.

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat dan Ayo! Jangan Mudah Menyerah!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks infonya sob

Posting Komentar